Halaman

Minggu, 21 Oktober 2012

Perbedaan???


Isu Kebangsaan

                Cukup banyak orang yang memandang perbedaan itu sesuatu yang menentukan kelas, dari asal suku, logat bahasa, bentuk fisik dan segala sesuatu yang dilihat oleh mata. Dan tak jarang pula hal ini memicu orang lain untuk membuat sekat antar masing-masing golongan.
            Terjadinya perbedaan ini tak jarang memicu kontroversi yang hanya membuat kerugian. Selain terpecahnya kesatuan, budaya bangsa kita yang terkenal akan guyup rukun, tenggang rasa, dan saling menghormati di mata dunia kian luntur digerus waktu.
Padahal, tanpa disadari indahnya negeri ini yang terdiri dari beribu pulau, dikelilingi samudra, berbagai kebudayaan, suku, bangsa, ras serta agamanya. Namun, tak semua orang dapat mengartikan perbedaan ini ke arah yang positif dan tak sedikit pula orang menganggap perbedaan ini sebagai pembatas bagi mereka.
Warna kulit kita boleh gelap, coklat, kuning langsat maupun putih. Tetapi kita harus tetap ingat akan tanah kelahiran kita yakni bumi pertiwi Indonesia. Apapun isu, masalah maupun konflik yang terjadi, sepatutnya kita dapat berfikir jernih bahwa perbedaan itu indah. Seperti indahnya bunga Rafflesia Arnoldi, bunga ini berbeda dengan bunga yang pada umumnya. Disaat bunga lain harum akan wanginya, disisi lain bunga Raflesia malah mengeluarkan aroma menyengat yang tidak sedap, bentuk serta ukuran yang berbeda justru inilah yang menarik rasa ingin tahu orang. Maka dari itu marilah kita tetap menjaga dan membawa perbedaan ini dalam kesatuan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar