Halaman

Sabtu, 17 November 2012

Demokrasi Masa Kini



                Pernakah kalian ikut serta dalam berlangsungnya proses Pemilihan Umum (Pemilu)?. Bagi mereka yang berusia dewasa atau sudah menginjak usia 17 tahun lebih, pasti ikut serta dalam pemilu, kecuali bagi mereka yang golput. Pemilu merupakan pesta demokrasi dimana rakyat memiliki hak untuk memilih siapa yang pantas dan mampu menjadi pemimpin bagi bangsa dan rakyatnya, baik pemilihan presiden, gubernur, kepala daerah maupun pemimpin lembaga tinggi lainnya. Pemilu ini merupakan salah satu gambaran bahwa negara kita merupakan negara demokrasi.
                Tidak hanya untuk orang yang cukup umur saja yang dapat berpartisipasi dalam terlaksanakannya demokrasi, tapi bagi para pelajarpun dapat menerapkan demokrasi ini. Kegiatan yang menerapkan budaya demokrasi ini salah satunya yaitu pemilihan ketua osis yang terpilihnya beberapa kandidat  sebagai calon pemimpin dan warga sekolah sebagai rakyat yang memilih diantara kandidat yang ada. Lalu apa sih sebenarnya Demokrasi itu??
                Secara etimologis istilah Demokrasi itu berasal dari bahasa Yunani “demos” berarti rakyat dan “kratos/kratein” berarti kekuasaan. Konsep dasar demokrasi berarti “rakyat berkuasa” (goverment of rule by the people). Definisi singkatnya, demokrasi diartikan sebagai pemerintahan atau kekuasaan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.
Di Indonesia mengalami beberapa periode dalam perkembangan demokrasinya yakni :
1.       Periode 1945-1949
2.       Periode 1949-1965
3.      Periode 1966- 1998
4.      Periode 1998 sampai sekarang
Dengan berkembangnya beberapa periode yang pernah dialami di Indonesia, menunjukkan Indonesia telah cukup lama menjadi negara demokrasi. Dengan berkembangnya demokrasi dari tahun ke tahun seharusnya dapat terwujudnya negara demokrasi yang sehat.  Demokrasi yang sehat ialah demokrasi yang dilakukan dengan transparan secara terbuka tanpa adanya penghalang dimana rakyat bisa mengetahui segala kegiatan dan rencana anggaran dalam pelaksanaan pembangunan negara.
                Jadi negara yang demokrasi ialah negara yang berdasarkan kemauan rakyat dengan memberikan kesehjateraan bagi rakyatnya, dilakukan untuk rakyat dan demi rakyat. Dengan tidak dibatasinya segala aspirasi yang datang dari rakyat dan pemerintahan yang bijaksana, maka negara demokrasipun dapat terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar